Regresi Linear Ganda

Analisis Regresi ganda digunakan untuk meramalkan bagaimana keadaan (naik turunnya) variabel dependen, bila ada dua atau lebih variabel independen sebagai faktor prediktor dimanipulasi (dinaik turunkan nilainya).

Contoh kasus
Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan numerik (X1) dan  motivasi belajar (X2) terhadap prestasi siswa (Y), pada 15 sampel. Tentukan (1) persamaan regresi ganda Y atas X1 dan X2, dan (2) Adakah pengaruh X1 dan X2 terhadap Y, baik secara bersama-sama ataupun secara parsial?.
Hasil pengumpulan data dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

No
(X1)
(X2)
(Y)
1
54
53
65
2
54
53
67
3
55
53
63
4
55
55
60
5
55
55
62
6
63
62
67
7
63
62
69
8
63
62
70
9
65
63
70
10
65
65
71
11
65
65
70
12
65
70
75
13
70
70
72
14
70
75
77
15
70
75
73

 
Penyelesaian Secara Manual:
Menetapkan hipotesis:
H0 : Tidak ada pengaruh signifikan antara kecerdasan numerik (X1) dan  motivasi belajar (X2) terhadap prestasi siswa (Y).
H1 : Ada pengaruh signifikan antara kecerdasan numerik (X1) dan  motivasi belajar (X2) terhadap prestasi siswa (Y).
Membuat tabel bantu regresi ganda antara kecerdasan numerik (X1) dan  motivasi belajar (X2) terhadap prestasi siswa (Y).
No
(X1)
(X2)
(Y)
X12
X22
Y2
X1Y
X2Y
X1X2
1
54
53
65
2916
2809
4225
3510
3445
2862
2
54
53
67
2916
2809
4489
3618
3551
2862
3
55
53
63
3025
2809
3969
3465
3339
2915
4
55
55
60
3025
3025
3600
3300
3300
3025
5
55
55
62
3025
3025
3844
3410
3410
3025
6
63
62
67
3969
3844
4489
4221
4154
3906
7
63
62
69
3969
3844
4761
4347
4278
3906
8
63
62
70
3969
3844
4900
4410
4340
3906
9
65
63
70
4225
3969
4900
4550
4410
4095
10
65
65
71
4225
4225
5041
4615
4615
4225
11
65
65
70
4225
4225
4900
4550
4550
4225
12
65
70
75
4225
4900
5625
4875
5250
4550
13
70
70
72
4900
4900
5184
5040
5040
4900
14
70
75
77
4900
5625
5929
5390
5775
5250
15
70
75
73
4900
5625
5329
5110
5475
5250
932
938
1031
58414
59478
71185
64411
64932
58902
 Menentukan skor deviasi beberapa ukuran deskriptif:
 Menentukan koefisien (b1 dan b2) dan konstanta a:
Menentukan Konstanta regresi ganda
 
Menentukan derajat kebebasan setiap varian
dkTR = n – 1 = 15 – 1 = 14
dkreg = k = 2
dkres = n – k – 1 = 15 – 2 – 1 = 12
Menentukan rerata jumlah kuadrat sumber varian
 Ternyata Fh  > Ft  (6,89 > 3,89) sehingga H0 ditolak, dan disimpulkan ada pengaruh signifikan antara kecerdasan numerik (X1) dan  motivasi belajar (X2) terhadap prestasi siswa (Y). 
Penyelesaian dengan SPSS
1) Buka Variable view → isi nama dengan kecerdasan_numerik, motivasi_belajar, dan prestasi_belajar.
2) Klik Analyze → Regression → Linear
1)        Pindahkan prestasi_belajar ke Dependent dan kecerrdasan_numerik dan  motivas_belajar ke Independent(s). Pada kotak Method pilih Enter, kemudian OK.

4) Pembacaan Hasil SPSS
Model Summary
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
1
.897a
.804
.771
2.28904
a. Predictors: (Constant), motivasi_belajar, kecerdasan_numerik
Dari tampilan hasil SPSS model summary besarnya Adjusted R2 adalah 0,771, hal ini berarti 77,1 % variasi prestasi belajar dapat dipengaruhi dari kedua variabel independen yaitu kecerdasan numerik, dan motivasi belajar. Sedangkan sisanya (100%-77,1% = 22,9%) dipengaruhi oleh variabel lain.
ANOVAb
Model
Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
1
Regression
258.057
2
129.029
24.625
.000a
Residual
62.876
12
5.240


Total
320.933
14



a. Predictors: (Constant), motivasi_belajar, kecerdasan_numerik

b. Dependent Variable: prestasi_belajar



Dari uji ANOVA atau F test didapat nilai F hitung sebesar 24.625 dengan probabilitas 0.000. karena nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi prestasi belajar atau dapat dikatakan bahwa variabel kecerdasan numerik, dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar.


Signifikansi Parameter Individual (Uji Statistik t)
Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
32.154
7.553

4.257
.001
kecerdasan_numerik
.105
.379
.132
.277
.786
motivasi_belajar
.481
.297
.769
1.617
.132
a. Dependent Variable: prestasi_belajar




Dari kedua variabel independen yang dimasukkan ke dalam model regresi variabel kecerdasan numerik dan motivasi belajar tidak signifikan hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi untuk variabel kecerdasan numerik sebesar 0,786 dan variabel motivasi belajar sebesar 0,132 dan keduanya jauh lebih besar dari 0,05.


 



Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Mars Telkom School dan Mars Yayasan Pendidikan Telkom

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK