Menelusuri Perpustakaan Paling Spektakuler di Dunia

Jerman
Perpustakaan yang bernama Stadtbibliothek Stuttgart dinobatkan sebagai perpustakaan nomor satu di Jerman dengan memberi perlakuan setara bagi media cetak dan digital.Perpustakaan ini menyediakan fasilitas membaca untuk 400 pengunjung dan 140 laptop untuk public. Bangunan gedung yang unik berbentuk bujur sangkar pada malam hari akan bermandikan cahaya biru dan menarik hingga 6.000 pengunjung tiap hari.

Amerika Serikat
Beinecke Rare Book and Manuscript Library di Universitas Yale menjadi rumah untuk 500.000 buku dan beberapa juta manuskrip. Perpustakaan ini memiliki koleksi 180.000 buku langka dan dokumen lain yang disimpan di dalam kotak kaca agar bias dinikmati generasi-generasi berikutnya. Dokumen-dokumen bersejarah itu disimpan dengan suhu konstan 21 derajat Celcius dan kadar kelembapan rata-rata 60%, kondisi ideal inilah untuk menjaga keawetan koleksi yang ada disana.

Spanyol
El Escorial, biara sekaligus istana dekat Madrid dijadikan sebagai perpustakaan, selesai dibangun pada 1584 dengan proses konstruksi yang memakan waktu 19 tahun. Segi impresif dari bangunan ini adalah langit-langit perpustakaan dipenuhi dengan lukisan fresco bala tentara malaikat, menggambarkan suasana seperti surgawi. Bahkan hingga saat ini, deretan buku dengan tepian keemasan dari abad 16 masih ditemukan di rak-raknya.

Irlandia
Pengunjung dari Trinity College Library datang demi menyaksikan Long Room yang spektakuler sebagai tempat penyimpanan 200.000 buku bernilai tinggi. Salah satu koleksinya adalah Book of Kells yang tersohor, manuskrip keempat injil dari tahun 800. Salah satu pelanggan yang tersohor dalam bidang sastra yakni Samuel Beckett sebagai pelanggan di perpustakaan ini.

Portugal
Mafra National Palace sebagai perpustakaan yang merupakan bagian dari istana dan menyimpan banyak sekali incunabula atau dokumen dan buku yang dicetak di Eropa sebelum 1501 M. Namun bukan it alasan perpustakaan ini jadi terkenal. Perpustakaan ini popular karena memiliki “penjaga malam” yang istimewa. Kelelawar beterbangan di dalam perpustakaan di malam hari, memakan serangga yang bias merusak buku.

Austria
Stiftsbibliothek Admont merupakan perpustakaan dari peninggalan seni barok tua terbesar di dunia. Perpustakkan ini resmi berdiri pada 1776, dengan Aula yang luas membentang sepanjang 70 meter, lebar 14 meter dan tinggi 11 meter. Salah satu koleksi yang paling luar biasa adalah The Four Last Things, ukiran raksasa yang menampilkan kematian, penghakiman terakhir, surga, dan neraka oleh Josef Stammel, salah satu pemahat paling penting di masa era barok.

Inggris
Library of Birmingham yang dibuka pada 2013 dan mencakup area seluas 31.000 meterpersegi, menjadikan ia perpustakaan daerah yang terbesar di Eropa. Salah satu koleksi yang paling berharga adalah Audubon’s Bird of America (buku termahal di dunia). Hanya ada 119 kopy dari buku langka itu, dan salah satunya hampir mencapai nilai sembilan juta euro di pelelangan pada 2010.



*Semoga Bermanfaat*

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan