Awali Hari Dengan Basmalah

Bacaan Basmalah merupakan sebutan lafadl lengkap dari “باسم الله الرحمن الرحيم” (bismillahirrahmanirrahiim), bacaan basmalah diulang sebanyak 114 kali di dalam Al-Quran di setiap awal surat Al-Quran (kecuali di awal surat At-Taubah).
Basmalah bukanlah sekedar kalimat biasa yang tidak memiliki efek apapun terhadap kehidupan seseorang. Basmalah memiliki efek yang cukup besar, baik terhadap fisik maupun psikis seseorang.
Basmalah bukan sekedar kalimat biasa.Sebab basmalah merujuk pada Dzat Yang Maha Agung, yakni Allah SWT. Dengan demikan, setiap efek yang ditimbulkan pun pada dasarnya bersumber dari Allah SWT, bukan yang lain.

Rasulullah SAW bersabda:
"Setiap perkara penting yang tidak didahului dengan basmalah, maka ia kehilangan berkah". (Abu Dawud Nasa'i, Ibnu Majah, Abu Awwana, dan Ibnu Hibban).
Hadits tersebut menunjukkan bahwa Basmalah mampu mengantarkan menuju keberkahan. Artinya, setiap perbuatan yang dimulai dengan membaca basmalah atau diniatkan semata-mata karena Allah, maka Allah pun menjamin keberkahan di dalamnya.
Para ulama menafsirkan bahwa bacaan basmalah mengandung isi sebagai berikut.
1) Basmalah merupakan bentuk tawakkal seorang mukmin kepada Allah SWT. melalui kalimat basmalah, manusia senantiasa diingatkan bahwa setiap aktivitas yang dilakukan sepenuhnya berada di bawah kekuasaan Allah. Dengan demikian, tidak ada seorangpun yang dijadikan sandaran dan tempat berserah kecuali Allah.
2) Basmalah merupakan cermin keimanan seseorang terhadap kekuasaan Allah yang tiada batasnya. Setiap perkara yang dilakukan seseorang sepenuhnya berada dalam kehendak-Nya. Jika Allah tidak berkehendak atas sesuatu, maka mustahil apa yang seseorang lakukan itu dapat terjadi. Sebaliknya jika Allah menghendaki, maka tidak ada suatu apapun yang mampu menghalangi untuk dilakukan.
3) Basmalah sebagai salah satu upaya manusia untuk senantiasa berdzikir kepada Allah dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Setiap aktivitas yang baik dan dimulai dengan membaca basmalah, maka nilainya sama dengan melakukan ibadah kepada Allah SWT.
4) Seseorang yang senantiasa membca basmalah dalam aktivitasnya, maka ia akan merasa bahwa dirinya senantiasa diawasi oleh Allah. Sehingga ia akan selalu berhati-hati dalam bertindak agar terhindar dari suatu keburukan.
5) Dengan membaca basmalah, akan muncul kesadaran tentang nikmat dan rahmat Allah yang telah dilimpahkan kepada kita. Dengan begitu kita akan senantiasa bersyukur kepada-Nya atas semua apa yang mampu kita lakukan.
6) Basmalah merupakan bentuk deklarasi seorang hamba terhadap kemahakuasaan Allah yang tidak ada duanya.
7) Bacaan basmalah dalam setiap awal kegiatan, sejatinya menyatakan rasa butuh pada Allah Yang Maha Kuasa. Dalam hal ini disadari bahwa kita sepenuhnya begitu lemah dan tak berdaya tanpa pertolongan Allah SWT. Sehingga kita akan bergantung pada pertolongan-Nya.
 

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan