DHTML dan Javascript

DHTML (Dynamic HTML) merupakan suatu teknik untuk menciptakan halaman web yang interaktif dengan cara mengkombinasikan elemen-elemen seperti HTML, style sheet, dan scripting.

JavaScript adalah bahasa script (bahasa pemrogaman yang dapat memegang kontrol aplikasi) yang berbasis pada bahasa pemrograman Java, namun JavaScript bukanlah bagian teknologi Java dari SUN (sekarang diakusisi Oracle). JavaScript digunakan secara prosedural. Cara kerja JavaScript adalah mengakses elemen pada HTML dan membuat aksi jika elemen-elemen HTML itu mengalami perubahan, misalnya berubanya warna halaman web begitu sebuah tombol diklik Scripting merupakan jenis lain dari pemrograman, yang umumnya lebih mudah dipahami.
JavaScript bukanlah bagian teknologi Java dari SUN (sekarang diakusisi Oracle). Java merupakan bahasa berorientasi objek murni , sedangkan JavaScript digunakan secara prosedural. Cara kerja JavaScript adalah mengakses elemen pada HTML dan membuat aksi jika elemen-elemen HTML itu mengalami perubahan, misalnya berubanya warna halaman web begitu sebuah tombol diklik Scripting merupakan jenis lain dari pemrograman, yang umumnya lebih mudah dipahami. Script dapat disisipkan ke dalam dokumen HTML dengan menggunakan tag <script>. Tidak seperti style sheet, script bisa terlihat di dalam <head> ataupun <body>. DHTML (Dynamic HTML) merupakan suatu teknik untuk menciptakan halaman web yang interaktif dengan cara mengombinasikan elemen-elemen seperti HTML, style sheet, dan scripting. Jadi, DHTML bukanlah suatu jenis bahasa pemrograman melainkan hanya sekadar istilah saja. Pada bagian ini,
pembuatan DHTML akan dilakukan dengan memanfaatkan JavaScript.

Pada dasarnya sebuah halaman web diatur seperti cara berikut ini:


<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.1//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml11/DTD/xhtml11.dtd">
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
  <head>
    <title>DHTML example</title>
    <script type="text/javascript">
      function init() {
      myObj = document.getElementById("navigation");
      // .... more code]]
      }
      window.onload=init;
    </script>
  </head>
  <body>
    <div id="navigation"></div>
    <pre>
      Walaupun kode tersebut disimpan pada file eksternal; ini bisa diselesaikan dengan membuat pranala file yang mengandung JavaScript.
      Hal ini berguna jika menggunakan skrip pemrograman yang sama pada beberapa [[halaman web]]:
    </pre>
    <script type="text/javascript" src="myjavascript.js"></script>
  </body>
</html>

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan