Tips dan Trik Menyelesaikan Skripsi dan Tugas Akhir

Sebagai mahasiswa pasti tak akan mungkin kalau tidak tau yang namanya Skripsi dan Tugas Akhir (TA). Hampir semua mahasiswa tingkat akhir kalau mendengar kedua nama tersebut pasti tercengang atau membuat mereka bisu tak mau berkata. Hahaha

Sebenarnya kalau memang mengetahui jalan dan arah yang harus ditempuh ketika mengerjakan Skripsi dan TA, pasti keduanya mudah kok untuk diselesaikan..
Prinsipnya kan "Segala sesuatu akan bisa diselesaikan atau dilakukan jika ada usaha dan niat yang sungguh-sungguh pastinya" Hehehe

Mungkin disini saya akan berbagi tips dan trik supaya yang namanya Skripsi dan TA bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

1. Ambillah Topik atau Bahasan dalam Skripsi atau TA yang Anda Setidaknya Paham akan Konsep Teorinya atau Sesuai Minat Anda (Passion Anda).
Sering terjadi mahasiswa yang mengambil Skripsi atau TA mereka tak mengetahui konsep yang mendukung kedua tugas itu, yang akibatnya mereka kewalahan dan akhirnya malas untuk menyelesaikan. Atau kalau menginginkan Skripsi atau TA yang diluar kemampuan, boleh kalau alasannya berminat, karena dengan minat atau passion kita, maka semangat untuk menyelesaikan pasti akan membara2. Tapi tidak tau lagi kalau lagi kena angin2 kemalasan hahaha

2. Perbaiki Cara Untuk Menghungi atau Mengkonsultasikan Skripsi/TA kepada Dosen
Dosen kita adalah orang yang kita cari untuk memberikan bimbingan dan arahan, bukan sebaliknya Dosen akan mencari kita. (Ingat hal ini). Dalam konsultasi pada Dosen juga harus mengatur sikap dan cara kita menghubungi beliau, baik melalui SMS, WA, Chat ataupun email.
Sering kejadian mahasiswa ketika menghubungi Dosennya dengan seenaknya pakai bahasa mereka, seperti halnya "Bapak sekarang lagi dimana..?" atau "Ibu saya ingin konsultasi, Apakah Ibu bisa?"
Pertanyaan seperti inilah yang harus dihindari bagi mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan kedua tugas itu. Karena Apa, pertanyaan ini sifat menekan, memaksa dan kurang sopan, sehingga harus diperbaiki ya Sob.. 
Ya setidaknya seperti ini Sob. "Bapak/Ibu ini saya yang bernama .... dari mahasiswa bimbingan Bapak/Ibu. Hari ini kalau saya ingin menemui Ibu/Bapak untuk konsultasi mengenai Skripsi/TA, kira-kira Bapak/Ibu bisa ditemui apa tidak..? Terima kasih. 

3. Buatlah Jadwal Tetap dalam Sehari Untuk Menyelesaikan Skripsi/TA
Keberhasilan suatu tujuan terletak pada komitmen dan perencanaan yang bagus.
Untuk mahasiswa yang lagi ngerjakan Skripsi/TA buatlah jadwal rutin tiap hari yang mewajibkan Anda untuk mengerjakan kedua tugas ini, ya kalau pikiran sudah buntu setidaknya anda membaca kerjaan anda itu, jangan sampai sehari atau bahkan berhari anda tidak menyentuhnya sama sekali. Jadikanlah Skripsi/TA anda sebagai pacar anda yang setiap hari anda membutuhkannya. hahaha

4. Cari Referensi Pendukung dan Perbanyaklah Membaca
Banyak membaca pasti akan memperkaya isi pikiran Anda (Ingat hal ini)
Skripsi/TA yang baru atau yang pernah diteliti sebelumnya, maka anda wajib membaca jurnal-jurnal penelitian yang ada supaya mindset anda terbangun dan memberikan pencerahan dari penelitian anda, dengan membaca jurnal terkait maka akan mengetahui arah dari penelitian anda sendiri dengan melihat penelitian yang sebelumnya. kalaupun penelitian anda dikategorikan penelitian yang baru maka anda harus banyak-banyak membaca teori yang ada. 
dan dari jurnal yang anda baca, anda boleh merujuk dengan mencantumkan idetitasnya, selain itu juga anda kan mengetahui keterbaruan dari penelitian anda. Rajin-rajinlah membaca ya Sob...

5. Rajin-rajinlah Konsultasi
Mengerjakan Skripsi/TA tak pandang mahasiswa yang pintar atau kurang pintar, mereka mempunyai kesempatan yang sama. Hanya mereka yang rajinlah yang akan memenangkan perhelatan akbar ini.  (kayak dalam peperangan aja Sob, hehehe).
Setiap Dosen pembimbing pasti suka pada mahasiswa yang rajin konsultasi akan Skripsi/TA yang dibimbingnya, karena mereka menginginkan mahasiswanya supaya bisa segera lulus. Tapi beda lagi kalau kasusnya Dosennya amat sangat sibuk, maka yang perlu dilakukan adalah mencoba menghubungi dan mengatur jadwal pertemuan dengan Beliau. Eitss jangan sampai pertemuan yang sudah diatur anda sendiri lupa jadwalnya, setidaknya jika anda membatalakan konfirmasi ke Dosen anda. Tetap semangat Sob..

6. Pantang Menyerah dengan Coret-Coretan Hasil Konsultasi
Sebagai mahasiswa wajarlah kalau kita masih sering salah dan kerjaan kita dicoret-coret sama Dosen kita. Hehehe
Sebenarnya anda harus bersyukur kalau Dosen memberikan coretan banyak pada naskah Skripsi/TA, dengan begitu anda akan mengetahui kesalahan sebelum ujian dilaksanakan dan akhirnya akan semakin paham dengan naskah Skripsi/TA. Jika coret-coretan tidak anda pahami anda saat itu juga menanyakan pada Dosen, dan jangan lupa merekap coretan itu sebagi bekal besoknya lagi untuk konsultasi supaya kesalahan tidak terjadi dua kali.


Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan