Teknologi Cloud Computing (Komputasi Awan)

Cloud Computing telah berada disekitar kita selama beberapa tahun belakangan ini, dan telah menjadi lebih dari sekedar trend, tetapi menjadi layanan dinamik yang mengubah bukan hanya tentang bagaimana sebuah bisnis dijalankan, akan tetapi juga tentang bagaimana sebuah layanan disediakan. Cloud Computing atau bisa disebut dengan komputasi awan adalah gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan).

Banyaknya cara tentang bagaimana cara mengakses informasi secara personal, menyebabkan infrastruktur komputer kita menjadi sangat kompleks, ketika teknologi informasi kita sangat terbatas, kebutuhan untuk dapat mengakses informasi berkembang dengan sangat cepat. Hal ini menyebabkan adanya desakan tentang bagaimana me manage informasi dan ketersediaannya untuk dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Cloud Computing bisa mentransformasikan cara bagaimana cara sistem dibuat dan layanan dikirimkan, menyediakan perpustakaan dengan kesempatan untuk mengembangkan dan memperluas jangkauannya.   Cloud Computing menyediakan layanan yang bisa dipergunakan oleh pengguna, dimana pengguna tidak lagi harus memikirkan tentang bagaimana dan program apa saja yang harus digunakan dalam memperoleh suatu layanan. Berdasarkan layanannya Cloud Computing bisa dibagi menjadi tiga, yaitu  (1) Software as a Service (SaaS); (2) Platform as a Service (PaaS); dan (3) Infrastructure as a Service (IaaS).

Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik.

Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan