Dibalik Formasi "V" Pada Kelompok Burung Yang Terbang

"Terkadang orang yang sedang sendiri menjadi orang yang bodoh. Akan tetapi, kebodohon tidak akan menimpa orang yang berada dalam kelompok" (Mark Twain)

Ketika melihat langit di sore hari segerombolan burung-burung terbang berbentuk "V" yang akan berhijrah di suatu tempat. Akankah kalian berpikir tentang hal itu.

Berapa banyak sesuatu yang anda lihat, akan tetapi anda tidak bisa mengetahui sebabnya?
Ilmu pengetahuan telah memberikan kabar kepada anda bahwa ketika burung mengepakkan kedua sayapnya, maka ia akan terbang tinggi. Sekelompok burung yang terbang dengan membentuk huruf "V", maka ia akan mampu menempuh jarak lebih sangat jauh, dua kali lipat atau lebih daripada jarak yang ditempuh oleh burung yang terbang sendirian. Jika ada salah satu burung yang keluar dari sekelompok burung yang membentuk huruf "V" maka ia akan menghadapi tekanan angin yang kuat dan melawan arus angin yang kencang. Oleh karena itu, ia harus kembali pada kelompoknya untuk mendapatkan kekuatan dan perlindungan yang diberikan oleh kelompoknya.

Keberasan atas Kuasa-Nya, hingga burung mengetahui bahwa kerja secara kelompok harus diutamakan. Sesungguhnya kerjasama menciptakan kekuatan. Dan, ia akan menjadi pendukung kinerja serta kesungguhan.
Stephen Covey berkata "hasil dari kerja kelompok itu lebih besar daripada hasil kerja secara perorangan yang dikumpulkan. Kerjasama bisa menghasilkan 1+ 1 = 4, atau 8, bahkan 1500."[1]
Seseorang yang lemah. bisa menjadi kuat disebabkan teman-temannya. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kejenuhan dan kemalasan lebih banyak menghinggapi individu daripada kelompok.

Wahai sobat sekalian, berusahalah untuk selalu menjadi bagaian dari kelompok yang mengulurkan kebaikan. Janganlah anda pasrah dengan kemalasan, keputusasaan, dan semangat yang rapuh. Terbanglah seperti burung dalam kebersamaan.



[1] The seven habits of highly effective people
Dikutip dari buku motivasi dan inspirasi karangan Karim Asy-Syadzilly dengan perubahan seperlunya.

  


Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan