Seputar Tentang Cara Kerja Internet

Bagaimana proses komputer bisa mengakses server yang ada di internet? 
Sebuah komputer client yang hendak dihubungkan ke jaringan internet pada awalnya harus terhubung ke server, dimana server tersebut akan mengatur akses dan pengiriman data-data dari internet yang diminta oleh client. Jaringan internet yang memungkinkan beragam jaringan komputer dan komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi disebut sebagai Protocol. Ada beberapa jenis Protocol jaringan komputer:
  1. IPX/SPX ( digunakan oleh jaringan Novell Netware).
  2. NETBIOS/NETBEUI ( digunakan oleh jaringan Microsoft LAN Manager atau Microsoft Windows Networking)
  3. AppleTalk ( digunakan untuk komputer Apple Macintosh)
  4. TCP/IP ( digunakan oleh jaringan komputer berbasis UNIX )
Protocol TCP/IP menjadi standar protokol yang digunakan pada jaringan Internet, karena TCP/IP dikembangkan untuk dapat diterapkan dihampir segala jenis platform komputer, biasa dikenal dengan konsep open sistem TCP/IP yaitu cara standar untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data tersebut bisa dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut mengggunakan Router atau Gateway. Router digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain dan juga memisahkan paket-paket informasi jaringan tersebut dengan jaringan lainnya. Router juga membantu mengatur arus lalu lintas di internet, sehingga paket informasi yang hanya dibutuhkan untuk jaringan itu tidak akan keluar dari jaringan lokal, dan begitu pula sebaliknya paket informasi dari luar yang tidak ditujukan untuk komputer yang ada pada jaringan tidak akan diteruskan dalam jaringan lokal.
Untuk mencegah terjadinya kebocoran sebuah informasi yang tidak perlu diakses dari luar jaringan dan juga untuk mencegah adanya usaha dari luar jaringan untuk mendapatkan informasi dari dalam jaringan maka dibutuhkan sebuah komputer yang bertidak sebagai filter atau pembatas yang disebut Firewall. Sedangkan Gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horison elektronik untuk berkomunikasi dengan Internet menggunakan TCP/IP. Gateway menterjemahkan bahasa asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya agar dapat terkoneksi dengan internet, maka perlu terhubung dengan host atau dengan kata lain harus terkoneksi dengan Internet Gateway. Internet  Gateway disini sebagai sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. kemudian untuk terkoneksi dengan jaringan internet maka juga harus mendaftar di Internet Services Provider (ISP). Kemudian untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam hal ini adalah komputer ISP dengan jaringan tersebut, maka diperlukan peralatan tambahan yaitu disebut Modem (Modulator Demodulator) alat untuk mengkonversikan signal analog menjadi signal digital. Dan untuk komunikasi komputer dengan modem itu dibutuhkan protokol komunikasi, yaitu seperti: PPP (Point to Point Protocol), SLIP ( Serial Line Protocol), PLIP (Paralel Line Protocol) dan sebagainya. Protocol TCP/IP digunakan untuk koneksi dengan internet. Ada berbagai jenis server yang dapat ditempatkan pada jaringan yang terkoneksi dengan internet diantaranya:
  • Domain Name Service (DNS) Server, berfungsi sebagai identitas nama domain yang dimiliki oleh jaringan tersebut dan juga memelihara informasi data dari domain yang lain. Jika ada komputer dari jaringan internet ingin menghubungi jaringan dengan nama domain yang anda miliki, maka komputer itu akan mencari komputer ini dijaringan internet. Dan jika komputer dari jaringan anda ingin menghubungi komputer dengan domain lain, maka komputer ini akan melihat informasi nama domain pada komputer ini, mendapatkan alamatnya dan meneruskan informasi kepada alamat tersebut, tetapi jika nama domain tidak terdapat pada DNS server, maka infprmasi akan dicarikan pada DNS server yang lain.
  • Mail Server, berfungsi untuk melayani E-mail (surat) keluar dan surat masuk. Jika seorang pemakai mengirimkan e-mail, maka e-mail tersebut dikirimkan ke server ini, lalu diteruskan ke tujuannya yang mempunyai account di server tersebut, tetapi jika tujuan e-mail tersebut tidak terdapat pada mail server pengirim, maka akan ditujukan ke mail server yang lain. Begitu juga hal nya jika ada e-mail untuk pemakai yang account dimail server ini, maka akan disimpan pada server ini sampai saat pemakai membuka email tersebut.
  • File Transfer Protocol (FTP) Server, berfungsi sebagai penampung file-file yang dapat diakses oleh jaringan. File tersebut dapat ditransfer baik untuk disimpan pada file server dari jaringan (upload) maupun diambil dari file server untuk kekomputer pada jaringan (download)
  • Web Server, berfungsi untuk menyimpan informasi yang dikenal sebagai World Wide Web (WWW) untuk dapat diakses dari jaringan internet. Banyak layanan aplikasi di internet dan masih terus berkembang sesuai dengan pesatnya perkembangan teknologi. 
Mengapa simbol internet itu berbentuk awan?
Karena simbol awan (cloud) merupakan representasi yang bersifat abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikan dalam internet, simbol awan tersebut dapat mewakili internet dalam berbagai gambar pada jaringan komputer. Selain itu awan dan internet juga mempunyai kesamaan, yaitu merupakan sebuah kata benda yang terdiri dari beberapa benda jamak atau banyak. Awan merupakan kumpulan dari awan-awan kecil dan internet merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan (network). Jadi apabila semua informasi yang saling berkaitan dan terhubung satu sama lain pada suatu jaringan dan saling terkoneksi satu sama lain di dalam internet, maka sama halnya seperti awan-awan kecil yang terkumpul menjadi satu.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Daerah Bojonegoro

Perbedaan dari PSG dengan Prakerin dalam dunia SMK

Decision Support System (DSS) Dalam Bidang Pendidikan